Bisnis dari Kelapa

BUNDA
Telah kita ketahui kelapa memiliki banyak manfaat dan peluang dalam menyebut nama kelapa. Kalian tahu pohon kelapa kan!!!! yupss pohon kelapa ini dari ujing daun sampe ujung akarnya (kebalik) bisa dubuat barang yang sangat berguna. tapi kali ini saya bahas khusus buahnya. buah kelapa ada bagian kulit buah dan daging buah disini yang saya bahas adalah bagian kulit buah, yang sering disebut dengan sabut kelapa.
cara memanfaatkan sabut kelapa caranya : Seluruh bagian sabut kelapa dihancurkan untuk media tanam atau pupuk. Karakter produk ini, mampu menyerap air dan pupuk sehingga dapat menambah kesuburan tanah. Cara ini adalah langkah mudah, karena tidak perlu keahlian khusus dan pemikiran panjang untuk pemanfaatannya.
    Sabut kelapa dipisahkan antara serat dan serbuknya. Produk ini adalah cocofiber dan cocopeat. Cocofiber adalah bahan dasar untuk kerajinan sabut kelapa, sedangkan cocopeat untuk media tanam dan pupuk. Langkah mudah pemanfaatan produk adalah dengan menjual cocofiber, khusus luar jawa sangat berpotensi besar untuk ekspor sabut kelapa/cocofiber. Hanya perlu dipertimbangkan tentang transportasi, agar harga bisa kompetitif. Khusus yang dekat dengan pelabuhan besar, adalah peluang untk ekspor produk tersebut.
    Membuat cocopeat blok untuk keperluan ekspor. Pasar Korea sangat besar untuk produk ini. Namun untk usaha ini, perlu tambahan dana untuk alat press cocopeat.
    Cocofiber digunakan sebagai bahan dasar industri tali untuk kerajinan, atau tali kapal dll.
    Cocofiber sebagai bahan dasar industri kerajinan rumah tangga. Kesed, matras olahraga, sapu rumah, sikat adalah contoh kecil untuk industri ini.
    Cocofiber untuk industri mebelair. Produk turunan ini sangat banyak aplikasi, seperti untuk kasur spring bed, jok mobil, jok pesawat,  untuk matras olahraga, untuk cocopot/pot sabut, untuk bahan dasar pengganti fiber glass, peredam suara dll, aplikasi produk mebelair biasa disebut dengan rubberrized coir/ industri sabut berkaret.
    Cocofiber dan cocopeat dapat digunakan untuk aplikasi penghijauan. Produk cocomesh dan cocofiber dapat menghijaukan lahan-lahan kritis, reklamasi pantai dengan mencegah erosi dan abrasi.
    Cocofiber juga dapat diaplikasikan untuk sarana penghijauan taman. Unsur serap air pada cocofiber dapat dimanfaatkan untuk membuat garden roof (taman atap bangunan) juga dapat dibuat taman buah-buahan di lahan terbatas.

dibawah ini saya akan memberi tahu cara membuat kerajinan sapu dari sabut kelapa
cara membuat sapu dari bahan sabut kelapa :
alat dan bahan :
- sabut kelapa dari buah kelapa 2 butir
- sebilah bambu atau carang panjang 1 m
- tali / tambang dari sabut kelapa
- sebilah bambu kecil besaran 3-4 mm panjang 20cm
- kayu pemukul dan batu landasan
- sikat dari kawat (dapat dibuat dengan paku-paku kecil yang ditancapkan pada kayu dibuat seperti sikat
- pisau/ parang dan jarum karung
cara membuat :
1. sabut (tepes) dipukulpukul agar daging sabut lepas.
2. sabut yang telah dipukul pukul disikat agar serabut yang pendek lepas
3. serat yang pendek dibuat tali
4. serat yang panjang diikat dengan tali sabut bagian ujungnya dengan besaran kurang lebih segenggam jari telunjuk
5. tiap 1 buah sapu terdiri dari 4 akar sabut terpisah dan 1 ikat sabut yang langsung diikat pada ujung tangkai sapu
6. tusukkan sebilah bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai ibaratnya sebagai bahu (pundak)
7. tusukkan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2 ikat
8. ikatlah ujung sabut bagian
    - atas bahu tangkai
    - sapu siap dipakai
demikian lah cara membuat sapu dari sabut kelapa. silahkan dicoba. semoga berhasillll

Comments